Jumat, 17 Agustus 2012

Metro Mudik 2012: Antrian di Merak Mulai Berkurang

Metro Mudik 2012: Antrian di Merak Mulai Berkurang

Merak: Meskipun tidak sepadat sebelumnya, Pelabuhan Merak, Banten, saat ini masih dipadati kendaraan pribadi dan bus penumpang, Sabtu (18/8). Sudah tidak ada lagi antrian mengular, yang tadi pagi mencapai kilometer 95 di tol Merak.

Menurut data, dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB telah ada 58.797 penumpang yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak. Angka tersebut lebih rendah dibandung pada lebaran 2011 yang mencapai 93.832 penumpang pada H-2. Penumpang mengalami penurunan drastis, terutama kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Meskipun sudah terlihat lagi antrian kendaraan sepeda motor di tenda-tenda khusus antre motor di dekat dermaga V, namun masih diberlakukan sistem buka tutup per blok. Setiap bloknya terdiri dari 250 sepeda motor yang akan dialihkan ke kapal-kapal yang kosong.

PT ASDP memperpendek waktu bersandar, dari bisanya 40 menit menjadi 30 menit. Hal tersebut bertujuan untuk mempercepat waktu perjalanan. Jumlah pengguna jasa penyeberangan kapal fery dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, tercatat 389.241 penumpang dari sembilan hari menjelang lebaran hingga hari ini. Jumlah tersebut menurun 49 persen dibandingkan tahun 2011.

Sementara itu, antrian di tol Merak juga tida sepadat kemarin. Saat ini antrian hanya mencapai tiga kilometer, tepatnya terjadi di JAlan Cikuasa Atas. Kepadatan terjadi akibat dibelakukannya sistem buka tutup untuk menghindari kepadatan penumpang di Pelabuhan Merak.

Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan berakhir pada hari ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar